Layanan PPOB BukuWarung Mudahkan Pembayaran Tagihan dan Majukan Inklusi Keuangan

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA--Kini semakin banyak pilihan pembayaran berbagai tagihan jasa bagi konsumen, mulai dari pembayaran melalui mobile banking, ATM dan berbagai aplikasi digital. Namun, tidak semua masyarakat Indonesia dapat merasakan kemudahan itu.

Di berbagai daerah, masih banyak tempat-tempat yang jauh dari ATM, belum lagi akses jaringan internet yang masih belum merata dan masih banyak juga masyarakat yang belum memiliki akun di bank maupun memiliki smartphone.

Data dari Susenas tahun 2020 menunjukkan baru 40.3 persen orang dewasa di Indonesia yang memiliki akun tabungan di bank. Sementara, walaupun data BPS menunjukkan jumlah pengguna telepon seluler di Indonesia semakin meningkat, sekitar 20 persen penduduk di pedesaan NTT dan 53 persen penduduk di area rural Papua belum memiliki telepon seluler.

BukuWarung Solusi Pembayaran Tagihan

Menjawab permasalahan tersebut, BukuWarung menghadirkan layanan Payment Point Online Bank (PPOB), yakni layanan khusus untuk membantu masyarakat dalam melakukan pembayaran menggunakan sistem perbankan.

Masyarakat dapat melakukan pembayaran berbagai transaksi jasa seperti tagihan listrik, pembelian token listrik, pembelian pulsa, paket internet, top up uang digital seperti OVO dan GoPay, cicilan kendaraan bermotor, hingga pembayaran iuran rutin BPJS Kesehatan dan lain-lain.

Sebelumnya, masyarakat harus datang ke masing-masing instansi terkait untuk melakukan transaksi tersebut. Berkat adanya PPOB, masyarakat bisa membayar semua tagihan hanya di satu tempat saja.

  • Bagikan