Program One Day One Ayat, Gagasan Disdik Sinjai Bentuk Karakter Peserta Didik

  • Bagikan
IST

FAJAR.CO.ID, SINJAI -- Salah satu fokus Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai melalui Dinas Pendidikan (Disdik) adalah membangun karakter atau moralitas bagi para peserta didik.

Untuk mengupayakan hal tersebut, Disdik telah memprogramkan kepada setiap satuan pendidikan/sekolah agar sebelum belajar, peserta didik membaca beberapa ayat Al-Qur’an yang dikemas dalam program “One Day One Ayat“.

“Program ini adalah bagian dalam membangun akhlakul karimah kepada siswa. Sehingga paling tidak jika ini terbangun di dalam pribadi para siswa, akan meminimalisir dampak negatif yang akan terjadi di lingkungannya,” ucap Kepala Dinas Pendidikan Sinjai yang diwakili oleh Sekretaris Disdik, M. Zuhri saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa, (07/06/2022).

Namun kendati demikian, Zuhri tidak memantik jika peserta didik akan mendapatkan pengaruh negatif di luar jam pembelajaran di sekolah.

Olehnya itu, ia meminta kepada seluruh satuan pendidikan dibawah naungan Disdik Sinjai agar intens membangun komunikasi dengan orang tua siswa sebagai upaya konkret dalam membentuk karakter moralitas peserta didik.

“Ketika satuan pendidikan hanya melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya mulai jam 07.00 sampai jam 13.45 siang, disitulah pentingnya peran orang tua. Jadi sekolah juga diharapkan harus membangun komunikasi yang baik dengan orang tua siswa agar jiwa moralitas anak kita bisa terbangun sejak dini,” jelasnya. (sir)

  • Bagikan