Tahun Ini, SD Islam Athirah Buka Dua Kelas Tahfidz, Kajaolalido dan Bukit Baruga

  • Bagikan
IST

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — SD Islam Athirah akan membuka kelas tahfidz mulai tahun ajaran 2022 ini, menambah dua kelas yang ada saat ini yakni kelas reguler dan kelas Inggris.

Kelas Tahfidz ini akan dibuka di SD Islam Athirah wilayah Kajaolalido dan Bukit Baruga dengan kuota masing-masing 20 per kelas.

Kepala QGDP (Qur'aniq Generation Development Program) Komarudin Evendi mengatakan, pembukaan kelas baru ini atas banyaknya permintaan wali murid untuk pengembangan program Alquran.

“Anak-anak kita nanti akan ditargetkan hapal 6 jus. Syukur selesai 30 juz hapalannya. Dia juga akan tartil, sesuai ilmu tajwid. Paham apa yang dia baca. Tahsin, tahfidz, tadabbur Alquran. Memahami apa yang dibaca,” jelasnya dalam konferensi pers, Selasa (7/6/2022).

Nantinya jika tahun kedua setelah pembukaan kelas tahfidz, peminatnya cukup banyak, maka kuota dan kelas bisa saja ditambah.

Agar para murid nantinya bisa cepat menghafal, Kamarudin membeberkan metode-metode yang akan diterapkan. Misalnya saja mulai metode tahsinul Alquran hingga metode ummi.

“Metode Ummi terbukti efektif, anak-anak bisa menguasai bacaan Al-Qur'an dengan tartil di usia dini. Alhamdulillah metode ini sudah sampai tingkat nasional. Kemudian nanti bisa mandiri, sering berinteraksi dengan Al-Qur'an, insyaallah banyak menghafal. Metode terbaik sering membaca, sering berinteraksi dengan Al-Qur'an. Makanya Athirah menyediakan banyak waktu,” tuturnya.

Kepala Departemen Kurikulum Sekolah Islam Athirah Saharuddin menyebut, pembukaan kelas tahfidz ini mengadopsi bagaimana awal berdirinya kelas English di Sekolah Islam Athirah yang dibuka liam tahun lalu dan bertahan hingga saat ini.

  • Bagikan