Bupati Garut Jajaki Kerjasama Dengan Pemkab Maros

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAROS -- Pemerintah Kabupaten Garut, Jawa Barat hendak menjajaki kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Maros dalam hal komoditas rempah-rempah dan laut.

Hal itu tertuang dalam kunjungan Kerja Bupati Garut, Rudy Gunawan bersama Sekda Kabupaten Garut, Nurdin Yana dan rombongannya ke Kantor Bupati Maros, Rabu, 8 Juni.

Dalam kunjungan itu diterima langsung oleh Bupati Maros, AS Chaidir Syam di ruang rapat Kantor Bupati Maros.

Bupati Garut, Rudy Gunawan mengatakan kunjungannya kali ini ke Maros sekaligus untuk menjajaki kerjasama.

Dia pun mengaku, sangat tertarik dengan Kabupaten Maros dan berharap dapat belajar industri kelautan, lebih spesifik terkait pengelolaan kawasan pesisir.

"Jadi Maros ini menjadi salah satu yang kami tuju untuk belajar, yang lebih lagi mengenai penguatan ekonomi," katanya.

Dia juga mengatakan sektor pertanian, sektor perikanan menjadi bagian terbesar di rekapitulasi kegiatan Penanganan Daerah Rawan Pangan (PDRP) Kabupaten Maros.

"Jika dilihat dari PDRP Maros sebetulnya sangat menarik. Untuk APBD, jumlah APBD kami cukup besar ketimbang Maros. Namun jika dibandingkan dengan luas wilayah, jumlah penduduk, tentulah lebih berkualitas Kabupaten Maros," jelasnya.

Garut pun sebagai pemasok hortikultura terbesar untuk Jakarta.

"Jadi selain study tour, kita berharap akan ada kerjasama yang akan terjalin dengan Kabupaten Maros. Apalagi Maros masuk dalam kategori daerah penghasilan beras terbesar. Besar harapan kami bisa menjalin kesepakatan terkait pengembangan budidaya padi. Jika benar terjalin, penandatanganan akan kita gelar di Garut," ungkapnya.

  • Bagikan