Masuk Binaan Smart City Indonesia, Maros Dapat Bimbingan Kementerian Kominfo

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAROS -- Bupati Maros, AS Chaidir Syam membuka kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Tahap I Penyusunan Masterplan Kota Cerdas ( Smart City ) Kabupaten Maros, Senin (13/6/2022) di Ruang Pola Kantor Bupati Maros.

Bupati Maros, AS Chaidir Syam menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Kominfo RI atas assesment yang dilakukan dan menyatakan Maros masuk dalam binaan smart city Indonesia.

"Salah satu hal terpenting dalam penerapan smart city di suatu daerah adalah adanya master plan smart city. Karena Maros telah lulus pada assessment. Alhamdulilah hari ini kita mendapat bimbingan dari Kementerian Kominfo bekerjasama Universitas Gajah Mada dalam penyusunan master plan smart city," jelasnya.

Dia mengatakan kalau Bimtek tahap I ini dapat membantu mengimplementasikan gerakan menuju smart city Kabupaten Maros.

Sehingga nantinya kehadiran smart city bisa menjadi energi tambahan dalam mengakselerasi solusi dan pencegahan permasalahan perkotaan.

"Masterplan ini memiliki peran vital sebagai landasan pembangunan konsep kota masa kini dan masa depan. Dalam perwujudannya akan mewujudkan kehidupan kota/kabupaten yang sejahtera, nyaman dan berkelanjutan," jelasnya.

Tidak hanya sekadar menggunakan teknologi sebagai tujuan akhir kata dia, namun juga ikut fokus menciptakan inovasi dan terobosan di sektor unggulan daerah.

"Seperti mengambil antrean lewat internet, tidak lagi menghabiskan kertas. Nanti tidak boleh lagi ada tumpukan warga yang mengantre di setiap pusat pelayanan. Semuanya sudah bisa diakses dengan tekhnologi dari rumah, akan terintegrasi dan kolaboratif antar sektor," urainua.

  • Bagikan