Dua Tim Asesor Unesco Global Geopark Tiba di Maros

  • Bagikan
IST

FAJAR.CO.ID, MAROS -- Dua orang tim asesor Unesco Global Geopark (UGG) tiba di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Selasa, 14 Juni.

Keduanya disambut langsung oleh Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, Bupati Maros AS Chaidir Syam, Bupati Pangkep, Muhammad Yusran Lalogau, Wabup Maros Suhartina Bohari dan Wakil Bupati Pangkep, Syahban Sammana.

Tim asesor Martina Paskova dari Cekoslovakia dan Jakob Walloe Hansen dari Denmark akan melakukan penilaian (assesment) langsung terkait kelengkapan warisan geologi, keanekaragaman hayati, dan warisan budaya di kawasan Maros Pangkep Geopark.

“Dua asesor ini akan melakukan penilaian di Maros dan Pangkep dari tanggal 15 sampai 17 Juni mendatang. Keduanya akan keliling dua kabupaten yang masuk kawasan geopark untuk melakukan serangkaian evaluasi terhadap Geopark Maros Pangkep,” ungkap Bupati Maros AS Chaidir Syam usai menjemput tim asesor.

Geopark Maros Pangkep mencakup dua Kabupaten yakni Maros dan Pangkep.

Untuk geosite yang masuk Geopark diantaranya Rammang-rammang, Culture Site Leang-leang, Bantimurung Bulusaraung serta Kepulauan Pangkep.

"Jika dianggap layak, rekomendasi Geopark Maros Pangkep sebagai Geopark Dunia akan diserahkan Unesco pada September tahun ini," katanya.

Sementara itu, Wakil Bupati Maros Hj Suhartina Bohari yang juga sebagai Ketua Pokja Geopark Maros meminta kedepan seluruh pemangku kepentingan untuk tetap konsisten mempertahankan kelestarian alam di kawasan Geopark Maros Pangkep.

“Kewajiban kita bersama untuk menjaga, tidak hanya karena asesor datang menilai tapi karena kelestarian alam wajib kita jaga dengan konsisten. Menjadi bagian jaringan geopark dunia tidak hanya membawa manfaat secara lingkungan namun juga sosial budaya dan ekonomi. Dan jangan sampai juga tim asesor pulang kita lengah dan tidak menjaganya kembali," tutup mantan Anggota DPRD Maros ini. (rin)

  • Bagikan