Jokowi Bakal Lantik Zulhas dan Hadi Tjahjanto Siang Ini

  • Bagikan
ILUSTRASI: Presiden Joko Widodo (Jokowi) usai melakukan pertemuan dengan Zulkifli Hasan di Istana Merdeka. (Setpres)

FAJAR.CO.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan hanya akan melantik dua menteri baru di Istana Negara, Jakarta, Rabu (15/6). Pelantikan dilakukan usai sejumlah pejabat negara menghadap Jokowi pada Selasa (14/6) kemarin.

Berdasarkan informasi yang diterima, Jokowi bakal melantik dua menteri serta beberapa wakil menteri pada siang ini sekitar pukul 13.30 WIB. “Hanya (melantik) dua mentri lainnya Wamen,” kata sumber pemerintah dikonfirmasi, Rabu (15/6).

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Kepala Negara bakal melantik mantan Panglima TNI Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN). Serta, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) sebagai Menteri Perdagangan.

Kabar Zulhas akan mendapatkan jatah menteri sebelumnya diungkapkan Wakil Ketua Umum PAN, Yandri Susanto. Elite PAN itu mengungkapkan, Zulkifli Hasan menghadap Jokowi di Istana Negara pada Selasa (14/6) sore.

“Benar (Zulkifli Hasan) ke istana,” ungkap Yandri Susanto kepada JawaPos.com, Selasa (14/6).

Yandri membenarkan kedatangan Zulhas ke Istana menghadap Presiden Jokowi untuk membicarakan soal reshuffle kabinet. “(Bahas) reshuffle,” singkat Yandri.

Kedatangan Zulhas ke Istana Kepresidenan juga bersamaan dengan sejumlah menteri yang secara mendadak menghadap kepala negara. Adapun mereka di antaranya Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Mantan Panglima TNI Hadi Tjahjanto, Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil, dan Wakil Menteri ATR/BPN Surya Tjandra.

Terpisah, Ketua DPP PAN Bima Arya Sugiarto juga membenarkan Zulkifli Hasan menghadap Jokowi di Istana Kepresidenan pada Selasa (14/6) sore. Menurut Bima, pembicaraan itu terkait posisi menteri yang akan diduduki Zulhas dalam Kabinet Indonesia Maju.

  • Bagikan