Timnas Indonesia Lolos Piala Asia, Ulangi Kejayaan di Era Nurdin Halid

  • Bagikan
Nurdin Halid

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Timnas Indonesia akhirnya sukses melaju ke Piala Asia 2023 mendatang. Capaian ini begitu bersejarah bagi tim Merah Putih.

Terakhir kali Timnas Indonesia ke ajang sepakbola terbesar di benua Asia itu terjadi pada tahun 2007 silam. Kala itu, Indonesia berstatus tuan rumah.

Timnas Indonesia telah berhasil melaju ke Piala Asia sebanyak 4 kali. Pertama kali terjadi di tahun 1996. Dan secara berturut ikut serta yakni pada tahun 2000, 2004, dan 2007.

Pasca itu, Timnas Indonesia tak bisa lagi berbuat banyak di kancah persepakbolaan benua kuning.

Keberhasilan ini merupakan penantian 15 tahun tim Garuda. Seperti diketahui, terakhir kali Indonesia sukses menjadi peserta yakni di era kepengurusan PSSI Nurdin Halid, yakni 2004 dan 2007. Timnas yang Bambang Pamungkas dkk saat itu juga dilatih oleh Ivan Kolev.

Mantan Ketua PSSI periode 2003-2011, Nurdin Halid, mengaku sangat gembira atas capaian timnas saat ini.

Meski tidak lagi ikut campur langsung dalam pengembangan sepak bola tanah air, namun ia terus memantau dan mengikuti perkembangannya.

Bahkan, katanya, selama proses Pra Piala Asia, Ketua Umum Dekopin itu tak henti terus memberi dukungan dari jauh buat para penggawa kala berlaga.

Melihat aksi pemain Witan Sulaeman dkk, Ketua IKA UNM itu optimistis, bila Shin Tae-yong bisa membawa skuat Merah Putih berbicara banyak di turnamen bergengsi itu tahun depan.

"Dengan pelatih berkualitas yang ada saat ini, Timnas Indonesia seyogyanya mampu melaju ke babak 8 besar Piala Asia mendatang," ucap Nurdin Halid, saat dikonfirmasi, pada Rabu (15/6/2022).

  • Bagikan