Kereta Api Perintis Beroperasi Oktober, 7 Stasiun Sudah Rampung 99 Persen

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, PANGKEP-- Kereta Api (KA) perintis akan beroperasi pada Oktober mendatang. Tujuh stasiun di jalur Maros-Pangkep sudah rampung 99 persen. Sementara pengerjaan rel ditargetkan rampung pada Bulan Agustus-September.

Hal itu disampaikan Kepala Balai Pengelola Kereta Api (BPKA) Sulawesi Selatan, Amana Gappa bahwa pengerjaan rel KA ditargetkan rampung pada Agustus-September. Bahkan pihaknya akan melakukan pengujian KA yang direncanakan simultan pada Bulan September.

"Untuk pengujian direncanakan simultan dengan pembangunan jalur KA Maros-Pangkep di Bulan September. Tepatnya pada minggu ketiga dan empat di Bulan September akan dilaksanakan uji coba kereta perintis. Sehingga pengoperasian KA perintis dapat terlaksana pada Bulan Oktober," bebernya, Kamis, 16 Juni.

Pengoperasian KA di jalur Maros-Pangkep nantinya dijelaskan akan menjadi primadona baru, sebab berada di lokasi wisata dengan daya tarik pemandangan pegunungan karst Maros-Pangkep tepat di stasiun dan sepanjang jalur KA.

Pihaknya mengaku pemilihan lokasi stasiun menjadi pertimbangan utama untuk meningkatkan perekonomian dari potensi pariwisata di dua daerah tersebut.

"Untuk pemilihan lokasi stasiun yang berdekatan dengan tempat wisata itu sudah direncanakan pada saat penetapan lokasi oleh tim kajian Provinsi Sulawesi Selatan dan Direktorat Jenderal Perkeretaapian, Kementerian Perhubungan," paparnya.

Penetapan lokasi stasiun yang berdekatan dengan tempat wisata katanya, bertujuan dalam pengoperasian layanan transportasi kereta api yang nantinya bukan semata sebagai alat transportasi tetapi juga sebagai angkutan pariwisata.

  • Bagikan