Kenali Khasiat Sarang Semut sebagai Obat Herbal untuk Gusi, Hasil Penelitian Lilies Anggarwati Raih Penghargaan IPERI

  • Bagikan
IST

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Hasil penelitian dari Dosen Kedokteran Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur, Dr.drg. Lilies Anggarwati Astuti, Sp.Perio berjudul “Respons Penyembuhan Gingiva pada Periodentitis Hewan Coba Setelah Pemberian Ekstrak Sarang Semut (Myrmecodia pendens)” mendapat apresiasi.

Hasil penelitian ini meraih juara II dalam kategori Original Article pada kegiatan yang dilaksanakan oleh IPERI (Ikatan Periodontologi Indonesia) Komisariat Daerah Makassar dibawakan pada konferensi perdana Sulawesi Periodontics Conference (Suspec), Hotel Claro Makassar, Sulsel pada 2-4 Juni 2022 lalu.

Ketua IPERI Komda Makassar Drg. Heri Siswanto, Sp.Perio memberikan apresiasi kepada drg. Lilies atas penelitian tersebut.

“Pencapaian ini tentunya berkat kerja keras beliau dalam melaksanakan salah satu dari tridharma perguruan tinggi, melakukan penelitian tentunya bukan hal yang mudah tapi dengan semangat yang tinggi, beliau mampu berada diposisi ini,” tuturnya, dikutip dari keterangan tertulisnya, Sabtu, (18/6/2022).

Dia berharap agar Lilies tidak cepat puas dari capaiannya dan tetap menjadikannya sebagai motivasi untuk ke depannya.

“Agar senantiasa melakukan penelitian pengembangan keilmuan bidang Periodontologi,” imbuhnya.

Sementara itu, Lilies menjelaskan, sarang semut merupakan tanaman dari Kalimantan yang berpotensi untuk dimanfaatkan sebagai material kedokteran gigi.

“Kandungan aktif sarang semut seperti senyawa kimia golongan flavonoid dan tanin terbukti efektif bersifat antibakteri,” ungkap Lilies.

  • Bagikan