Safari Kampus Aslama, Ma’had Al-Birr dan Pesmadina KH Djamaluddin Amien Unismuh Makassar Berbagi Sistem Manajemen

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Safari Kampus Asosiasi Pengelola Asrama (Aslama) PTM/PTA edisi Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, digelar secara virtual, Sabtu, (18/6/2022).

Kegiatan ini menghadirkan dua narasumber yaitu Direktur Ma'had Al-Birr, K.H. Lukman Abd Shamad, Lc. dan Kepala Pesma KH Djamaluddin Amien Unismuh Makassar Ustdzah Sitti Chaerani Djaya.

Wakil Bendahara Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah, Ahmad Muttaqin mengatakan, dalam data Diktilitbang ada 57 asosiasi, ada asosiasi prodi, profesi hingga perkumpulan-perkumpulan sejenis yang orientasinya untuk meningkatkan komitmen baik aspek pengembangan ilmu maupun pengembangan kelembagaan yang ada di dalam PTMA.

“Dari 57 ini, ASLAMA termasuk asosiasi yang aktif. ASLAMA cukup memberikan tarikan yang kenceng akhir-akhir ini,” katanya dalam sambutannya.

Menurutnya, kegiatan safari ini untuk saling belajar best practice dari kampus lain. Unismuh Makassar dalam pantauan majelis memiliki tata organisasi dan hubungan dengan kampus yang relatif sudah cukup mapan.

Sementara itu dalam pemaparannya, Ustdzah Sitti Chaerani Djaya menyampaikan bahwa materi yang ia bawakan bukan untuk menggurui tapi sekadar untuk berbagi pengalaman, suka duka dalam mengelola asrama.

“Dulunya pesma adalah asrama yang biasa-biasa saja, yang tanpa aturan yang ketat, Alhamdulillah sampai hari ini asrama itu menjadi sebuah pesantren mahasiswa,” tuturnya.

Lanjut kata dia, yang menjadi motto Pesmadina sejak berdiri hingga hari ini adalah “menjadi penetas kader belia, pilar utama Muhammadiyah” akan selalu diwujudkan hingga Pesmadina tetap eksis.

  • Bagikan