Aria Adiputra dan Karen Kurnia, Mahasiswa FK Unhas Runner Up RespiQuizz 2022

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK) angkatan 2019 Universitas Hasanuddin, Aria Adiputra Yusuf dan Karen Kurnia meraih gelar runner up dalam ajang RespiQuizz 2022.

Kegiatan ini merupakan rangkaian The 23rd International Meeting on Respiratory Care Indonesia (RESPINA) 2022, yang diselenggarakan oleh The Society of Respiratory Care Indonesia, secara hybrid di Jakarta, Minggu (19/6/2022).

RespiQuizz ini adalah perlombaan tahunan bagi mahasiswa kedokteran tingkat internasional mengenai ilmu respirasi.

Tahun ini perlombaan diikuti sebanyak 17 tim dari beberapa FK kampus se-Indonesia, termasuk juga dari negeri tetangga, University of Philipines.

Berdasarkan hasil pengumuman yang disampaikan dalam rangkaian RESPINA 2022, ajang RespiQuizz dimenangkan oleh mahasiswa FK Universitas Gajah Mada sebagai juara pertama, mahasiswa FK Universitas Hasanuddin juara kedua, dan mahasiswa FK Universitas Indonesia juara ketiga.

Melalui wawancara, Karen Kurnia menjelaskan keikutsertaan timnya dalam berkompetisi. Ia menuturukan rangkaikan kegiatan diawali dengan tahapan penyisihan CBT (computer based test) pada 28 Mei lalu dan berhasil lolos ke babak final.

“Terdapat dua tahap pada kompetisi ini, tahap pertama adalah CBT online, selanjutnya dipilih 3 tim sebagai finalis yaitu FK UI, Unhas, dan UGM. Tahap final terdiri dari 2 babak, babak pertama terdiri dari 10 soal yang dijawab bersama dalam waktu 3 menit, lalu babak kedua terdiri dari 10 soal, dimana 5 soal dijawab oleh anggota 1 dan 5 soal berikutnya dijawab oleh anggota 2,” jelas Karen.

  • Bagikan