Akademisi Unhas: Lorong Wisata Harus Memberikan Manfaat bagi Semua Lapisan Masyarakat

  • Bagikan
Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin Abdullah Sanusi

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin, Abdullah Sanusi mengatakan program Lorong Wisata Pemkot Makassar adalah program yang baik.

"Mengisyaratkan bahwa program ini menjadi bagian dari upaya menjadikan Makassar sebagai kota dunia. Dengan konsep kota pintar atau smart city," kata Abdullah, Ahad 26 Juni 2022.

Dia mengatakan tantangan untuk mewujudkan program lorong wisata di setiap kecamatan dan kelurahan tentu saja adalah bagaimana program ini tetap menjadikan pembangunan Makassar inklusif.

"Memberikan manfaat untuk semua lapisan masyarakat," ujarnya.

Lorong wisata ini juga idealnya menjadi landasan dalam mewujudkan kota dunia dengan penataan dan pengelolaan sampah yang lebih baik, pembenahan sistem penanganan banjir, dan peningkatan koridor hijau kota dengan konsep keberlanjutan.

Untuk mewujudkan ini, Wali Kota Makassar perlu membangun koordinasi yang baik bersama seluruh pemangku kepentingan.

"Tentu saja, melibatkan masyarakat dalam perencanaan dan implementasinya. Jangan menjadikan mereka sebagai objek semata," kata Abdullah, alumni program S3 Curtin University Of Technology.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Makassar Mahyuddin mengatakan guna mendukung program lorong wisata, Dinas Kominfo telah mempermudah layanan informasi dengan membuat sejumlah aplikasi.

"Diskominfo Makassar segera implementasikan metaverse untuk mempermudah warga dalam memperoleh layanan secara digitalisasi," kata Mahyuddin.

Kominfo Makassar akan terus mempersiapkan platform untuk menyatukan aplikasi yang dibuat oleh organisasi perangkat daerah.

  • Bagikan