Dibuka Mentan, Pra Pekan Nasional Dihadiri Lima Ribuan Peserta

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAROS -- Pra Pekan Nasional (Penas) Petani Nelayan 2022 resmi dibuka, Sabtu, 25 Juni di Lapangan Pallantikang Kabupaten Maros.

Kegiatan yang dihadiri ribuan peserta dari berbagai daerah provinsi di seluruh Indonesia ini dibuka langsung oleh Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo.

Dimana pra penas ini dijadwalkan akan berlangsung selama tiga hari, Sabtu, 25 Juni hingga Senin, 27 Juni mendatang.

Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo mengatakan kalau Pra Penas ini menjadi ajang untuk memperkuat konsolidasi emosional Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) berjuang dengan mempersiapkan pangan yang cukup bagi bangsa Indonesia.

Dia juga mengatakan kalau Pra Penas ini juga bisa, menjadi wadah belajar dan mengajar, bertukar informasi, bahkan business matching.

"Hari ini pra penas di Kabupaten Maros dipusatkan, dan Alhamdulillah diikuti 5000 sampai 6000 orang peserta," katanya, usai membuka Pra Penas ini.

Kita berharap agar pra penas ini bagian untuk memperkuat upaya-upaya kita agar mempertahankan produktivitas kita di semua wilayah yang ada, sambungnya.

"Komoditi-komoditi pangan kita, kemudian tidak hanya kita berharap mempertahankan tapi bagaimana mengakselerasi produktivitas yang ada. Untuk bisa lebih maksimal capaiannya ditahun ini dan ditahun-tahun yang akan datang," jelas mantan Gubernur Sulsel ini.

Dia juga mengatakan kalau tema utama dari kegiatan ini untuk memperkuat pangan lokal disemua daerah.

"Harapan kita tidak hanya beras tetapi tentu saja ada pengwilayahan komoditi dari pangan-pangan lokal yang KTNA harus bisa temukan untuk dilakukan intervensi yang kuat. Dengan dipersiapkan dengan langkah-langkah yang sistematis dan tentu saja terukur oleh kita semua dengan pengawalan Kementan pengawalan berbagai pihak tentu saja kerja sama lintas Kementerian dan lembaga agar besok KTNA bisa berproduksi lebih kuat," ungkapnya.

  • Bagikan