Dukung Wirausahawan Muda, PIP Gelar UMi Youthpreneur 2022

  • Bagikan
IST

PIP yang merupakan operator dalam Pembiayaan Ultra Mikro wajib memfasilitasi pengembangan kewirausahaan anak muda sehingga mampu beradaptasi dan berkompetisi pada era digital dan industri kreatif yang pada akhirnya akan menumbuhkan perekonomian bangsa.

Upaya itu terkait dengan bonus demografi yang akan dialami Indonesia. Berdasarkan data BPS, anak muda Indonesia yang berada di usia produktif atau rentang usia 16-30 tahun diperkirakan akan mencapai 174,79 juta jiwa pada tahun 2024.

Bonus demografi akan menjadi berkah jika angkatan kerja produktif yang akan mendominai jumlah penduduk bisa terserap dan sebaliknya akan menjadi bencana apabila tidak dapat terserap oleh pasar kerja.

Melihat tren jumlah penyedia lapangan pekerjaan yang tidak sebanding dengan jumlah pencari kerja, Maka pilihan alternatif untuk menjadi wirausaha dapat menjadi opsi sebagai suatu solusi.

Persoalannya, data dari Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), hanya 3 persen anak muda/mahasiswa yang ingin menjadi pengusaha. Sementara 83 persen ingin menjadi karyawan dan 14 persen berkeinginan menjadi politisi dan bekerja di LSM.

Harapannya, melalui UMi Youthpreneur 2022 bisa memacu anak-anak muda agar dapat berpikir kreatif dan inovatif, menggali potensi dan menumbuhkan motivasi anak muda dalam berwirausaha, mendorong pertumbuhan calon wirausahawan muda serta mempromosikan pembiayaan Ultra Mikro kepada calon wirausahawan muda.

Selepas mengikuti kegiatan selama 2 hari, peserta akan diberikan waktu seminggu untuk membuat proposal bisnis dan mengumpulkannya secara online di tanggal 1 Juli 2022. Proposal akan terdiri dari dua kategori, yakni mahasiswa dan non mahasiswa.

  • Bagikan