ISPA: Kemampuan Komunikasi yang Mumpuni Syarat Mutlak bagi Capres

  • Bagikan
Donny de Keizer

Fajar.co.id, Jakarta -- Dari kalangan partai politik atau bukan, calon presiden Indonesia harus seorang negarawan dan memiliki integritas yang tinggi.

Selain itu, Capres diharapkan memiliki kemampuan komunikasi yang baik secara verbal maupun non verbal. Hal ini mengemuka dalam Silaturahmi & Diskusi Forum Pembicara Publik Indonesia yang berlangsung di Jakarta (25/6/2022).

Donny de Keizer, Ketua Umum Indonesian Professional Speakers Association (IPSA) yang menggagas silaturahmi ini mengatakan bahwa setiap warga negara memiliki harapan atas calon pemimpin masa depan mereka.

Dalam silaturahmi dan diskusi yang dihadiri oleh para pembicara publik, motivator, pengusaha dan juga praktsi pendidikan ini mengemuka harapan yang tinggi terhadap calon presiden Indonesia.
“Siapa pun calonnya, ia harus seorang negarawan dan mampu menjadi tokoh pemersatu bangsa karena Indonesia adalah negara yang beragam,” ungkap Donny.

Kemampuan komunikasi yang mumpuni juga merupakan syarat mutlak bagi calon presiden karena program program yang dimiliki akan dapat disosialisasikan secara efektif bila capres memiliki keahlian komunikasi yang baik.

“Ini memang bisa jadi tugas staf khusus atau juru bicara, tetapi pada akhirnya kunci sukses komunikasi publik berada di tangan presiden sendiri. Presiden harus punya kemampuan komunikasi yang baik dan mampu memilih staf komunikasi yang berkualitas” jelas Donny.

Dilain pihak, Melly Kiong seorang praktisi Mindful Parenting berharap bahwa pemimpin masa depan bangsa ini harus punya perhatian yang tinggi pada pendidikan keluarga.

  • Bagikan