ISPA: Kemampuan Komunikasi yang Mumpuni Syarat Mutlak bagi Capres

  • Bagikan
Donny de Keizer

“Pembangunan sebuah bangsa harus dimulai dari keluarga. Peranan orang tua sangat penting dalam melahirkan generasi muda yang berkualitas,” jelas Melly Kiong yang aktif dalam edukasi parenting.

Motivator dan penulis buku Krishnamurti berpendapat bahwa apa yang sudah baik dari pemimpin bangsa saat ini harus dilanjutkan. Banyak program pemerintah yang memberikan manfaat pada warga sehingga program ini harus terus dilanjutkan. Jangan ganti pemimpin ganti program. Yang baik diteruskan, yang kurang baik diperbaiki,” ungkap Krishnamurti.

Hal senada disampaikan juga oleh Mindiarto Djugorahardjo seorang development coach yang berharap bahwa siapapun calon presidennya selain memiliki strong leadership juga harus menjadi figur pemersatu seluruh komponen bangsa.

Diskusi dan silaturahmi para pembicara publik ini juga memberikan rekomendasi kepada para calon presiden yang nanti akan berlaga dalam ajang pilpres yaitu harus menjadi lokomotif rekonsiliasi.

Bibit bibit perpecahan yang timbul akibat kontestasi pilpres sebelumnya harus diredam. Jangan ada yang menggunakan politik identitas sebagai strategi meraih dukungan publik karena risikonya sangat besar pada keutuhan bangsa. (rls-sam)

  • Bagikan