Proses Roasting Kopi, Pengaruhi Rasa

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Menikmati kopi saat ini telah menjadi trend atau gaya hidup. Kendati demikian, rasa sangat mempengaruhi.

Namun rasa kopi juga di pengaruhi dari tingkatan roasting. Ada tiga cara roasting yaitu light roast dengan warna cokelat muda, medium roast dengan warna cokelat dan dark roast berwarna hampir hitam.

Tetapi kebanyakan orang, lebih gemar dengan roasting kopi yang tidak terlalu matang atau setenga matang yaitu medium roast.

Salah satu coffeshop di Makassar yang menyajikan coffe dengan menu roasting medium roast adalah HM Dine & Coffe. Lokasinya di Jalan Batua Raya.

Kopi yang di roasting menggunakan teknik ini, telihat menghasilkan minyak dengan cita rasa sedikit manis dengan aroma asap yang tajam.

"Biasanya, pada medium roast yang kami lakukan ini suhu biji kopi ada pada 210-220 derajat celcius," ucap Owner HM Coffe, Andi Zulaiha Mahafatni.

Kata Zulaiha, kelebihan untuk kopi mereka itu menghasilkan kafein lebih rendah dengan aroma, tingkat keasaman dan juga cita rasa yang balance.

Ketika mencoba kopi milik Zulaiha, aromanya naik sampai kehidung. Hal ini sebab proses roastingnya tepat, sehingga aroma dan rasanya juga berpengaruh.

"Ibaratnya kita merebus telur, tipikal telur matang sempurna dengan kuningnya yang tidak terlalu matang, itu rasanya kebanyakan yang suka dan mengaku lebih nikmat dibanding yang over cook atau gosong," ucapnya.

Namun kopi ini tak bisa disimpan lama saat sudah di blender. Sebab akan mempengaruhi kualitas atau rasa, untuk itu sebaiknya kopi di blender atau dibuat bentuk bubuk saat ingin disajikan.

  • Bagikan