Tim Pengabdian Masyarakat di Desa Matompi Lutim Latih Manajemen Usaha BUMDes

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Tak sekedar sebagai dosen yang mengajar di Kampus, namun dosen di Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) juga mengabdikan diri dan ilmu mereka di masyarakat.

Sebut saja Dosen PNUP; Dr. Bahri, SE.M.Si, Andi Gunawan, SE.,M.Com.,Ak. dan Dr. sirajuddin Omsa, SE. M. Ed yang melakukan pelatihan di Desa Matompi Kecamatan Towuti, Kabupaten Luwu Timur. Sabtu, 27 Juni.

Mereka melakukan pelatihan kepada masyarakat dan aparatur desa yang mengelulo Bumdes. Dosen PNUP ini melatih terkait Manajemen Usaha, Manajemen Keuangan, dan Pelaporan Keuangan BUMDes.

Tim Pengabdian Masyarakat di Desa Matompi Lutim, Bahri mengatakan mereka ingin output kegiatan bisa meningkatkan kemampuan manajerial dalam manajemen bisnis masyarakat.

Tak hanya itu, juga untuk meningkatkan kemampuan dalam perencanaan dan pengendalian keuangan, serta meningkatkan kemampuan dalam penyusunan dan analisis laporan keuangan.

"Di desa tersebut kan ada Bumdes, namanya Bumdes Aso Aroa. Kami mau meningkatkan pemahaman aparatur desa dan masyarakat Desa Matompi, tentang keberadaan Bumdes dan pengelolaannya," ucapnya.

Kata Bahri, peserta yang ikut pelatihan sebanyak 17 orang. Terdiri dari Pengelola BUMDes Aso Aroa, Aparatur Desa Matompi, dan perwakilan masyarakat Desa Matompi.

Dosen PNUP sekaligus Anggota Tim Pengabdian Masyaralat di Desa Matompi Lutim, Andi Gunawan mengatakan hasil pelatihan berdasarkan evaluasi, umpan balik dari perserta menanyakan tentang materi pelatihan, rata- rata peserta puas.

"Sekitar 87 persen responden yang terdiri dari warga dan pengelola Bumdes mengaku ingin dilakukan kembali pelatihan lanjutan. Mereka mengaku bersedia mengikut kembali," ucapnya.

  • Bagikan

Exit mobile version