Jadi Akses Tambang, WALHI Sulsel Sorot Penimbunan Sungai di Balocci

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID,PANGKEP-- Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) Sulsel menyoroti aktivitas tambang yang beroperasi di Kecamatan Balocci, lantaran diduga menimbun sungai.

Hal itu diungkap, Kepala Departemen Advokasi dan Kajian WALHI Sulsel, Slamet Riadi bahwa, secara ekosistem, sungai itu punya peranan penting dalam menjaga keseimbangan alam.

"Di dalam sungai, ada banyak biota perairan yang punya peran penting juga. Jadi jika sungainya dirusak baik disengaja maupun tidak disengaja, ini tentu akan memberi dampak pada lingkungan," jelasnya.

Apalagi katanya, saat ini fenomena banjir kerap terjadi termasuk beberapa waktu lalu Air Sungai di Balocci ini meluap.

"Salah satu penyebabnya terjadinya banjir itu disebabkan oleh terjadinya pendangkalan sungai akibat sedimentasi dari hulu maupun aktivitas yang merusak fungsi sungai, seperti menimbun dan lain sebagainya," katanya.

Olehnya itu, WALHI Sulawesi Selatan meminta dengan tegas kepada pihak kepolisian dan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pompengang-Jenebarang untuk mengusut kasus ini sampai tuntas, sebelum merugikan banyak pihak termasuk lingkungan dan masyarakat.

"Untuk kasus penimbunan sungai ini, kita meminta dengan tegas kepada pihak kepolisian dan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pompengang-Jenebarang untuk mengusut kasus ini sampai tuntas," pungkasnya, Senin (27/6/2022).(fit)

  • Bagikan