Kementan Dianggap Tidak Serius Tangani Wabah PMK, DPR Usul Penanganan Wabah Diambil BNPB

  • Bagikan
Sudin dari Fraksi PDIP

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Komisi IV DPR RI tengah menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Kementerian Pertanian, yang diwakili oleh pejabat Eselon I, bersama Dirut Perum Bulog, Dirut PT. PIHC, Dirut PT. RNI, dan ID FOOD, Senin (27/6/2022).

RDP sendiri dipimpin oleh Sudin dari Fraksi PDIP. Adapun isu yang dibahas adalah wabah PMK yang menyerang hewan kurban jelang hari raya Idul Adha.

Dari pengamatan DPR, Kementerian Pertanian (Kementan) dianggap tidak serius dalam penanganan wabah PMK itu. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Sudin, saat RDP berlangsung membahas wabah PMK.

"kementerian tidak fokus dalam penanganan soal wabah PMK. Bilangnya ketersedianan pangan cukup terus, padahal ada masalah wabah seperti ini. Ngurus poryek mulu.. bukan ngurus petani dan peternak," pungkas Sudin saat rapat RDP.

Berangkat dari ketidak seriusan Kementan, Sudin menyatakan bahwa untuk penangan wabah PMK baiknya diurus oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), yang dibawah koordinasi Presiden langsung.

"Badan Nasional Penanggulan Bencana (BNPB) yang mengambil alih saja, disana kongkrit karena dibawah presiden langsung," Pungkas Sudin. (riki/fajar)

  • Bagikan