Tampil di Webinar ASEAN Dengue Day, Bupati Wajo Ulas Inovasi Go Cantik di Atas Mobil

  • Bagikan
IST

FAJAR.CO.ID, SENGKANG -- Bupati Wajo, Amran Mahmud mendapat kepercayaan menjadi pembicara di forum nasional. Di Web Seminar (Webinar) ASEAN Dengue Day secara virtual lewat aplikasi Zoom Meeting, Selasa, 28 Juni 2022.

Amran Mahmud memaparkan tentang "Best Practice dari Wajo (Go Cantik) Upaya Penanggulangan Dengue" saat perjalanan dinas di wilayah Kota Surabaya, Jawa Timur.

Sekitar 30 menit, Amran menjelaskan, Go Cantik adalah akronim dari Gerakan Wajo Cari Jentik yang merupakan inovasi dari Dinas Kesehatan. Go Cantik merupakan gerakan untuk mencegah infeksi dengue di Wajo dengan melibatkan pemangku kepentingan terkait.

"Tentu output yang diharapkan adalah meningkatnya peran serta keluarga dan masyarakat dalam pencegahan infeksi dengue melalui Go Cantik," terangnya.

Aplikasi Go Cantik terdiri dari fitur masyarakat yang di dalamnya menu Pelaporan Masyarakat untuk melaporkan jika mengetahui ada yang terkena infeksi dengue ataupun rumahnya sudah bebas jentik dan menu Informasi DBD yang memberikan informasi dengue kepada masyarakat.

"Juga ada Fitur Petugas yang memiliki menu pendataan yang digunakan oleh petugas puskesmas atau kader untuk menginput data survei. Kemudian menu detail data desa yang menampilkan data desa yang sudah disurvei dan diinput," jelasnya

Berdasarkan data, sejak Go Cantik ini diluncurkan dan diterapkan pada Agustus 2021, distribusi kasus dengue di Wajo menunjukkan penurunan. Dari tahun 2021 sebanyak 178 kasus, sementara untuk 2022 ini per Juni 45 kasus.

"Tentu ini semua berkat kerja sama dari seluruh Forkopimda, OPD terkait, instasi vertikal, serta seluruh stakeholder terkait dan tidak kalah pentingnya adalah peran serta masyarakat Wajo. Kebersamaan ini perlu kita pertahankan nol kasus dengue," tuturnya. (man)

  • Bagikan