Sosok Tjahjo Kumolo di Mata Danny Pomanto: Politisi Sederhana, Suka Memantau Seluruh Kepala Daerah

  • Bagikan
Tjahjo Kumolo

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto turut berdukacita atas meninggalnya Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Tjahjo Kumolo pada pukul 11.10 WIB, siang tadi.

“Atas nama masyarakat kota Makassar merasakan duka mendalam atas berpulangnya ke Rahmatullah, menteri yang menjadi pamong bagi seluruh Pemda karena beliau itu diam, tidak banyak komentar dan bicaranya tapi betul-betul punya kemampuan memperbaiki kualitas ASN di Indonesia,” ujar Danny sapaannya, ketika ditemui, Jumat (1/7/2022).

Danny mengatakan, sebagai penanggung jawab di Pemda Kota Makassar, ia mengaku merasa sangat kehilangan dengan sosoknya.

Menurutnya, almarhum merupakan sosok politisi, kebapak-bapakan, sederhana, dan bicaranya juga sangat berkualitas dan kerjanya juga jelas. “Kita kehilangan sekali,” tuturnya.

Wali Kota Makassar dua periode ini mengenang ketika almarhum hadir dalam acara yang diselenggarakan di Hotel Claro Makassar.

“Waktu beliau ada di Claro. Tidak ada jarak dengan beliau. Di warung kopi juga minum-minum kopi tanpa diketahui orang, protokol,” imbuhnya.

Selain itu kata dia, almarhum merupakan sosok yang kerap memantau seluruh kepala daerah.

“Beliau suka memantau seluruh kepala daerah. Suka memberi nasihat. Misal di Makassar, beliau itu jalan ke warung kopi menanyakan kerja- kerja pemerintah kota Makassar,” tambahnya.

“Komunikasi terakhir sudah cukup lama. Kalau tidak salah di awal masa jabatan saya ketemu di Claro,” pungkas Mantan Dosen Arsitek Unhas ini. (selfi/fajar)

  • Bagikan