Unhas Kukuhkan Dua Guru Besar Baru Bidang Ilmu Antropologi Budaya dan Bidang Elektronika Sistem Digital

  • Bagikan
IST

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Universitas Hasanuddin kembali menyelenggarakan Rapat Paripurna Senat Akademik terbatas dalam rangka upacara Penerimaan Jabatan Guru Besar dari Fakultas Teknik (FT) dan Fakultas Ilmu Budaya (FIB). Rapat dimulai pukul 09.00 Wita secara luring terbatas di Ruang Senat Akademik Unhas, Lantai 2 Gedung Rektorat, Kampus Tamalanrea, Makassar, Jumat (01/07/2022).

Guru besar yang dikukuhkan yakni:

  1. Prof. Dr. A. B. Takko Bandung, M.Hum., sebagai guru besar ke-448 dalam Bidang Ilmu Antropologi Budaya, Fakultas Ilmu Budaya, lahir di Tanru Tedong pada 31 Desember 1965.
  2. Prof. Dr. Ing. Faizal Arya Samman, yang dikukuhkan sebagai guru besar ke-449 pada Bidang Ilmu Elektronika dan Sistem Digital, Fakultas Teknik, lahir di Makassar 5 Juni 1975.

Rektor Unhas, Prof. Jamaluddin Jompa, dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada kedua profesor. Penambahan guru besar merupakan kebanggaan karena menunjukkan peningkatan kapasitas pengajar yang semakin terlihat dan kuat guna menjamin kualitas pembelajaran.

Unhas akan memberi ruang secara optimal bagi para guru besar menghasilkan karya melalui dana bantuan. Menurut Prof JJ, gelar profesor bukan hanya sebatas gelar paripurna. Akan tetapi menjadi gerbang untuk berkarya.

"Profesor Unhas yang terbanyak di Indonesia harus diimbangi dengan karya. Kita harus memastikan hukum alam berlangsung normal, dimana jika jumlah profesor banyak otomatis karya yang dihasilkan juga banyak. Unhas akan terus berbenah diri, kita harapkan dengan sumber daya yang dimiliki, peran dan kontribusi yang diberikan kepada Indonesia juga semakin besar," jelas Prof. JJ.

Sebelumnya, telah dilakukan pidato pengukuhan hasil penelitian yang dilakukan oleh dua guru besar.

Dalam kesempatan tersebut, Prof. Takko menyampaikan pidato mengenai "Karakter Maritim: Sawerigading Meraih Cita dan Cinta Tinjauan Antropologi Sastra".

  • Bagikan