Perumda Bone Bisnis Sapi, Pasokan Perdana ke Pulau Kalimantan

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, BONE – Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Ellung Mangenre Kabupaten Bone akhirnya memulai bisnisnya setelah ‘mati suri’ selama beberapa tahun.

Adalah, bisnis sapi. Perusahaan pelat merah milik Pemkab Bone ini memasok sapi dalam skala besar ke Pulau Kalimantan.

“Ini merupakan progres MoU antar dua perumda, tahap awal kita kirim 62 ekor sapi, kemudian kita kirim secara bertahap 200 ekor per bulan selanjutnya atau sesuai dengan permintaan MoU yang kita sudah bangun dua bulan yang lalu,” kata Direktur Utama Perumda Ellung Mangenre, Andi Dirga Baso di sela-sela pelepasan sapi yang dipusatkan di Lapangan Sepakbola Lompu, Kecamatan Cina, Senin (4/7/2022).

Dirga mengatakan, pengiriman sapi-sapi tersebut untuk memenuhi kebutuhan di Kota Balikpapan selama Hari Raya Kurban atau Idul Adha 1443 Hijriah.

Selain komoditas sapi jantan, Dirga mengatakan, bahwa ke depan, pihaknya juga akan memasok sejumlah komoditas andalan Kabupaten Bone.

“Sesuai MoU harapan kami ke depan, ada empat fokus komoditas rencana bisnis yang akan kita suplai ke Kalimantan, yakni komoditas beras, jagung, sapi, dan rumput laut,” katanya.

Bupati Bone Andi Fahsar Mahdin Padjalangi yang menghadiri pelepasan sapi ini mengatakan, bahwa daerahnya merupakan 5 besar kabupaten di Indonesia yang memiliki populasi sapi ternak terbesar.

“Pengiriman sapi ke Kalimantan sudah lama kita lakukan, tetapi dengan adanya perumda yang fasilitasi semakin membuat pengusaha ternak dan masyarakat mendapatkan pasarnya, bahkan kita sebelum pandemi pernah kirim 20 ribu sapi ke Kaltim,” kata Fahsar.

  • Bagikan