37 Kepala Sekolah Dilantik, Bupati Minta Pejabat Baru Bisa Amanah

  • Bagikan
IST

"Bapak ibu ini adalah pimpinan di sekolah dan unsur-unsur membawahi dan juga kita harapkan bisa jadi tauladan di masyarakat, sehingga saya berharap kepala sekolah kita ini tidak boleh lagi ada yang kita dengar ada yang mempunyai masalah di masyarakat,"ungkapnya.

Dia mengatakan kalau ada tiga tugas pokok harus dilaksanakan kepala sekolah. Pertama, tugas sebagai manajerial, yaitu tugas kepala sekolah yang berkaitan dengan pengelolaan sekolah.

Sehingga semua sumber daya dapat disediakan dan dimanfaatkan secara optimal untuk mencapai tujuan sekolah secara efektif dan efisien.

Kedua, tugas melaksanakan supervisi, yakni, kepala sekolah juga memiliki tugas pokok melakukan supervisi terhadap pelaksanaan kerja guru dan staf.

Dengan tujuan untuk menjamin agar guru dan staf bekerja dengan baik serta menjaga mutu proses maupun hasil pendidikan di sekolah. Dalam tugas supervisi ini tercakup kegiatan-kegiatan yaitu merencanakan, melaksanakan dan menindaklanjuti program supervisi.

Ketiga, disamping tugas manajerial dan supervisi, kepala sekolah juga memiliki tugas kewirausahaan. Tugas kewirausahaan bertujuan agar sekolah memiliki sumber daya yang mampu mendukung jalannya sekolah, khususnya dari segi finansial. Selain itu juga agar sekolah membudayakan perilaku wirausaha di kalangan warga sekolah, khususnya para siswa. (rin)

  • Bagikan