Efek Mudik Iduladha, Jalur Tol dan Jalan Perintis Kemerdekaan Mulai Macet

  • Bagikan
FOTO: DOK/FAJAR

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Kemacetan mulai terjadi di Jalan Perintis Kemerdekaan dan jalur tol Ir Sutami dua hari jelang lebaran Iduladha.

Kasi Manajemen dan Rekayasa Dishub Sulsel, Eko Pranoto, mengatakan, hal ini diakibatkan karena adanya penambahan volume kendaraan karena mudik dan masyarakat yang ingin belanja di Kota Makassar.

"Memang umum kalau mau lebaran, ada yang mudik, ada yang masuk dalam kota mau belanja," katanya saat dihubungi, Jumat, 8 Juli 2022.

Untuk daerah Perintis Kemerdekaan, Eko mengungkapkan, ada beberapa titik yang menjadi langganan macet.

Dari arah Maros menuju Kota Makassar, titik macet dimulai dari patung ayam, Pom Bensin setelah BTP. Kemudian lanjut di depan kantor gubernur, dan setelah fly over.

"Ada beberapa titik memang, kita sudah pantau di Daya dan Urip karena bertepatan dengan lebaran dan jam pulang kantor," lanjut Eko.

Menurut Eko, kemacetan ini dinamakan macet insidentil. Artinya kemacetan terjadi di momen tertentu. Misalnya menjelang lebaran dan jam sibuk kantor.

"Ini merupakan macet insidentil, tidak berlaku lama, pada waktu tertentu saat jam sibuk memang lebaran begini," jelasnya.

Eko menjelaskan, kemacetan terjadi sejak jam pulang kantor, sekitar pukul 16.00 WITA hingga pukul 18.00 WITA. Setelah itu macet kembali terjadi setelah salat Isya pukul 20.00 WITA hingga pukul 21.00 WITA.

"Kalau dia macet mulai jam 16.0 sampai maghrib 18.15 mulai lagi reda. Kemungkinan macet ini, lari lagi ke Mal, sampai jam 9 malam," ungkapnya.

Untuk jalur tol arah Maros ke Makassar, Eko menuturkan, kemacetan terjadi di pintu tol dekat Tallasa City. Sementara arus Makassar ke Maros terjadi di gerbang tol pertama.

  • Bagikan