Panitia Penyembelih Hewan Kurban Diimbau Tak Gunakan Kantong Plastik

  • Bagikan
Bupati Maros, AS Chaidir Syam.

FAJAR.CO.IDMAROS -- Panitia penyembelih hewan kurban diminta tidak menggunakan kantong plastik dalam pendistribusian daging kurban pada Perayaan Iduladha 1443 Hijriah.

Hal ini tertuang dalam Surat Edaran Bupati Maros tentang pelaksanaan hari raya Iduladha tanpa sampah plastik.

"Ini dilakukan agar dapat mengurangi penggunaan sampah plastik di Maros," kata Bupati Maros, AS Chaidir Syam Jumat, 8 Juli 2022.

Dia juga mengimbau masyarakat penerima daging hewan kurban untuk membawa wadah sendiri yang dapat dipakai ulang untuk mewadahi pembagian daging kurban.

"Mengganti kantong plastik sebagai wadah daging kurban dengan menggunakan daun pisang atau daun jati. Bisa juga dengan wadah anyaman bambu (besek) atau wadah lain yang tersedia di tempat masing-masing yang dapat digunakan ulang," jelas Mantan Ketua DPRD Maros ini.

Dia mengatakan, hal itu dilakukan agar tidak menimbulkan sampah plastik yang sulit diurai oleh alam.

Dia juga mengajak masyarakat untuk meminimlisir penggunaan sampah, baik sampah kertas yang digunakan sebagai alas untuk sajadah.

"Juga tetap menjaga kebersihan lingkungan tempat penyelenggaraan ibdah iduladha dan tempat penyelenggaraan pemotongan kurban," paparnya.

Tahun ini memang dipastikan ada perbedaan hari Iduladha 1443 Hijriah. Di mana pemerintah dan ormas semisal Nahdlatul Ulama menetapkan 10 Zulhijah jatuh pada Minggu, 10 Juli 2022. Sedangkan Muhammadiyah pada Sabtu, 9 Juli 2022.

Salat Iduladha warga Maros dan keluarga besar Muhammadiyah akan dipusatkan di Ta’mirul Masajid, Kecamatan Turikale. Ada juga di Masjid Sayyid Amrullah Raudhal Jannah Labuang, Masjid Baitun Nur Muhammadiyah Salenrang.

  • Bagikan