Bersama Dinas Kelautan dan Perikanan, PKK Sulsel Bersihkan Pantai Beba Takalar

  • Bagikan
IST

FAJAR.CO.ID, TAKALAR -- Kelompok Kerja (Pokja) IV PKK Provinsi Sulawesi Selatan mengikuti kegiatan Kampanye Minimalisir Sampah Plastik dan Bersih Pantai yang digelar Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Selatan, di Kawasan Pantai Beba, Kabupaten Takalar, Kamis (14/7/2022).

Dalam kegiatan itu, hadir Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Selatan Muhammad Ilyas, Anggota DPRD Sulsel Fachruddin Rangga, Tim Pokja IV PKK Sulsel, Ecobricks Makassar, Staf Khusus Gubernur Sulsel, Perwakilan Tim Gubernur Untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) Sulsel, Kepala Cabang Dinas Kelautan Mamminasata, Dharma Wanita Dinas Kelautan dan Perikanan Sulsel, dan sejumlah masyarakat.

Anggota Tim Pokja IV PKK Sulsel Andi Sarrafah, mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurutnya, kegiatan seperti itu sebaiknya dilaksanakan secara rutin dan berkelanjutan, serta tidak hanya digelar di Pantai Beba saja, namun juga di pantai lainnya.

Mengingat kegiatan ini, kata Sarrafah, akan sangat mempengaruhi keselamatan biota laut yang akan berdampak pada kesehatan manusia yang mengkonsumsi ikan laut.

"Bukan hanya seperti ini saja, tetapi masyarakat juga harus peduli lingkungan. Seperti kita tahu bahwa sampah plastik ini sangat berpengaruh jika dimakan oleh ikan. Apabila micro plastik ini masuk ke dalam tubuh ikan, dan kita mengkonsumsi ikan maka akan menyebabkan kanker dalam tubuh," katanya.

Dampak lain dari kegiatan bersih pantai ini, lanjutnya, juga menjadi kesempatan bagi masyarakat untuk bisa memanfaatkan sampah-sampah plastik yang ada di kawasan pantai untuk di daur ulang menjadi barang yang lebih bermanfaat.

  • Bagikan