Latih Warga Desa Bojo Kecamatan Mallusetasi Kabupaten Barru Kelola Kas Rumah Tangga

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Cegah Kegagalan Keuangan Rumah Tangga Pasca Pandemi, Dosen Politeknik Negeri UjungPandang (PNUP) mengabdikan diri melatih Warga Desa Bojo Kecamatan Mallusetasi Kabupaten Barru.

Tim tersebut, di Ketua oleh Rastina, SE.M.Si Ak yang juga melibatkan diri menjadi narasumber bersama Dr.Muhammad Islah,SE.M.Si. Dilaksanakan sejak Selasa,12 Juli 2022 lalu.

Kepada FAJAR, Dosen PNUP sekaligus Ketua Tim Pengabdian Desa Bojo Kecamatan Mallusetasi Kabupaten Barru, Rastina mengatakan tujuan kegiatan tersebut, untuk meningkatkan kemampuan metode pengelolaan kas rumah tangga.

Sebab hal ini menumbuhkan rumah tangga yang memiliki manajemen kas yang baik, juga meningkatkan pengetahuan pentingnya pengaturan keuangan rumah tangga menjadi produktif.

"Apalagi ini bisa menumbuhkan pemahaman untuk dapat secara bertahap terhindar dari ketergantungan lembaga-lembaga peminjaman, dan meningkatkan kesejahteraan rumah tangga di Desa Bojo," tuturnya.

Tim Pengabdian Desa Bojo Kecamatan Mallusetasi Kabupaten Barru, Dr.Muhammad Islah mengatakan dalam pelatihan tersebut,
peserta sebanyak 20 orang. Terdiri dari Kepala Desa Bojo, perangkat Desa dan ibu-ibu Rumah Tangga Desa Bojo.

Kata Muhammad Islah, hasil pelatihan
berdasarkan evaluasi umpan balik dari perserta, utamanya yang menanyakan tentang materi pelatihan, narasumber, serta fasilitas dan konsumsi menunjukkan tingkat kepuasan peserta rata-rata 90 persen.

"Kata warga kalau dilakukan kembali pelatihan, maka keseluruhan peserta bersedia mengikut kembali perlatihan," ucapnya.

  • Bagikan