Penuhi Ketersediaan Pangan di Pulau Terluar, Camat Liukang Tangaya Buat Terobosan Baru

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID,PANGKEP-- Inovasi baru dicanangkan Pemerintah Kecamatan Liukang Tangaya. Itu dilakukan dalam rangka memenuhi ketersediaan pangan di pulau terluar.

Camat Liukang Tangaya, Lukman Murtala menjelaskan bahwa, usai dilantik sebagai camat setempat. Ia langsung menyusuri sejumlah pulau-pulau yang terletak di perbatasan Pangkep-Nusa Tenggara Barat (NTB). Disana, Lukman langsung menyerap aspirasi masyarakat. Salah satunya lewat kehadiran inovasi Kebun Pak Raden yang dibangunnya bersama pemerintah desa, kelurahan dan masyarakat sekitar.

"Itu gabungan dari kata Kebun Pak Lurah, Desa dan Kecamatan. Jadi disebut kebun Pak Raden. Ini kita bangun kesadaran bersama dengan tujuan gizi terpenuhi di pulau, lewat ketersediaan sayur-mayur misalnya. Agar nanti warga tidak susah lagi untuk cari sayur-mayur," ucapnya.

Lebih lanjut, Lukman juga mengatakan lewat kehadiran kebun-kebun ini bisa membantu pemerintah untuk menekan angka stunting dan mendukung kedaulatan pangan, meski di wilayah kepulauan.

"Potensi itu ada. Makanya kita coba kembangkan. Mulai dari pemanfaatan lingkungan kantor, lingkungan di desa halamannya dimanfaatkan kemudian oleh warga setempat juga membangun kebun-kebun seperti itu yang ditanami sayur, karena dengan terpenuhinya gizi itu bisa membantu juga menekan angka stunting," jelasnya, Sabtu (16/7/2022).(fit)

  • Bagikan