Dinkes Bone Tekankan Pentingnya Penerapan Germas

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR - Germas merupakan strategi yang dicanangkan pemerintah dalam mewujudkan masyarakat. Dalam rangka menyukseskan implementasi Inpres Nomor 1 Tahun 2017 tentang pelaksanaan Germas, Dinas Kesehatan Kabupaten Bone menggelar pertemuan Koordinasi dalam rangka penerapan Gernas di tatanan ormas dan forum pemuda.

Pertemuan ini dilaksanakan di Aula Dinas Kesehatan Kabupaten Bone, Senin, 18 Juli 2022.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, dr.Eko Nugroho, M.Kes mewakili Kepala Dinas Kesehatan. dr Eko menekankan pentingnya germas.

Germas merupakan salah satu gerakan bersama yang dilakukakan secara sistematis dan terencana, yang bertujuan meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan.

"Saya yakin, seluruh yang berada di forum ini memahami apa yang dimaksud dengan Germas. Kalau disebut gerakan, maka posisi kita di masing-masing kewenangan mengambil peran untuk mensukseskan gerakan masyarakat hidup sehat (Germas)," ungkap Eko.

Germas memiliki peran penting dalam mendukung tercapainya tujuan kesehatan masyarakat dan lingkungan. Karenanya koordinasi dari pihak terkait menjadi penting dalam mendukung program ini.

"Mari kita mengambil peran masing-masing dengan kewenangan yang ada, mulai dari tingkat desa, kelurahan, kecamatan hingga kabupaten melakukan gerakan-gerakan inovasi pada tempatnya, dan mampu mengkoordinasikan semua elemen untuk bisa mengkomunikasikan germas dalam rangka meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan.” pungkas Eko.

Pertemuan ini diikuti 40 peserta yang berasal dari kalangan Pers, LSM, Ormas dan Badan Keswadayaan Masyarakat. Selain dr Eko, Kasi Sub. Koordinator Promkes & PM Dinkes Bone, H.Marsuki, SKM, M.Kes dan penggiat pemberdayaan masyarakat, Herman Wafir turut menjadi pemateri.

  • Bagikan