Jalan Poros Maros – Bone Langganan Macet, Andi Iwan Aras Minta Jembatan Timbang Dioperasikan 24 Jam

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Jalan poros Maros-Bone menjadi langganan macet hampir tiap malam. Bahkan kendaraan bisa tertahan hingga delapan jam.

Wakil ketua ketua Komisi V DPR RI, Andi Iwan Darmawan Aras mengungkapkan jika penyebab kemacetan itu dikarenakan truk besar yang bersamaan berangkat.

Ketua Gerindra Sulsel itu mengatakan, jika para sopir sengaja menunggu jembatan timbang berhenti beroperasi.

"Terjadi kemacetan di jalan poros nasional itu dikarenakan truk ODOL ini menunggu sampai petugas jembatan timbang berada di tempat. Mereka menunggu sampai kemudian bisa berjalan setelah jembatan tidak beroperasi,"kata Andi Iwan saat RDP dengan Kemenhub belum lama ini.

Untuk itu, dia meminta agar jam operasional jembatan timbang tidak dibatas. Biarkan beroperasi selama 24 jam.

"Saya berharap khusus jembatan timbang kita aktifkan 24 jam supaya tidak ada opsi bagi pengendara ini untuk menunggu kekosongan ini,"jelas Ketua Kadin Sulsel itu.

"Apalagi yang masuk di daerah poros Maros - Bone di mana jalannya berliku-liku sehingga saat petugas timbang tidak ada mereka bersamaan jalan berangkat dan itu menimbulkan kemacetan hingga 8 jam di tempat itu,"tegasnya.

Menurutnya, opsi ini bisa diambil untuk mengurai kemacetan yang kerap terjadi di daerah Camba, Kabupaten Maros tersebut.

"Karena mereka parkir di tempat tertentu yang mengakibatkan kemacetan yang panjang,"pungkasnya. (Ikbal/fajar)

  • Bagikan