Penganggaran Jembatan Barombong Bukan Kewenangan Pemkot, Danny Siapkan Jalan Layang di Atas Sungai Atasi Kemacetan

  • Bagikan
Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto (Foto: Selfi/Fajar)

“Kita akan usulkan ke pusat. Dan bahkan untuk swasta, investor, termasuk yang saya bawa ke Amerika juga. Kemarin sudah saya sampaikan itu,” pungkasnya.

Sebelumnya, dalam rakorsus yang digelar pada 15 Mei 2022 lalu, Danny memaparkan  tol elevated road (jalan layang) dirancang mulai Jalan A. P. Pettarani.

Dia mengatakan, jalur Jalan Pettarani akan menyambung langsung ke kiri di Jalan Sultan Alauddin sampai ke perbatasan Kabupaten Gowa kemudian sampai ke Sungai Jeneberang.

“Kemudian di Sungai Jeneberang dia lurus. Jadi di atas sungai. Tidak ada pembebasan (lahan),” ujarnya.
Lanjut kata dia, jalan itu akan masuk ke Trans Studio Mall lanjut ke Kawasan Center Point of Indonesia (CPI).
Selain itu, nanti ada jalan di atas laut menuju Stadion Barombong. “Kita akan mengusulkan menjadi jalan pemerintah pusat pakai APBN. Ini tembus, putar kemudian masuk ke CPI,” ucapnya.

“Di atas CPI ini menyambung lagi elevated di atas laut terus masuk di pinggir Soekarno-Hatta baru sambung ke Jalan Tol yang ada sekarang,” imbuh Danny.

Konsepnya kata dia mirip-mirip dengan angka delapan yang akan melengkapi lingkar dalam kota Makassar.
“Jalan tol yang dibuat sekarang masuk ke New Port juga akan berbentuk delapan juga, loop. Nanti bentuknya seperti delapan besar. Jadi kita bisa dari pantai losari pergi ke Pettarani itu dalam satu nafas saja,” tandas Danny.
Sementara ketika akan ke Bandara Sultan Hasanuddin pastinya lewat dengan Jalan Tol yang ada saat ini. (selfi/fajar)

  • Bagikan