Meski Berselisih dengan Pemkot Makassar, Balai Kereta Api Sulsel Target Operasi KA Bulan Agustus

  • Bagikan
Kepala Balai Pengelola Kereta Api Sulsel, Amanna Gappa. IST

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Balai Pengelola Kereta Api Sulawesi Selatan menargetkan operasi kereta api pada bulan Oktober 2022 mendatang.

Hal itu disampaikan Kepala Balai Pengelola Kereta Api Sulsel, Amanna Gappa. Dia menambahkan, pihaknya juga akan melaksanakan kegiatan railway trail run pada tanggal 23 Juli 2022 sepanjang 8 km yang bertujuan untuk menyosialisasikan keberadaan Balai Pengelola Kereta Api Sulawesi Selatan.

Dia menjelaskan, pembangunan jalur KA Makassar-Parepare merupakan proyek strategis nasional (PSN) sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 109 Tahun 2020 tentang Perubahan Ketiga atas Peraturan Presiden Nomor 3 Tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional, yang diawali dengan tahapan studi kelayakan pada tahun 2003 oleh Ditjen Perhubungan Darat.

“Kemudian studi desain dan perencanaan jalur kereta api pada tahun 2012 oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dan studi trase pada tahun yang sama oleh Direktorat Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api DJKA,” ujarnya, Rabu (20/7/2022).

Selanjutnya kegiatan AMDAL dan ijin lingkungan dilaksanakan pada tahun 2014 dan 2015.

Sementara untuk desain struktur jembatan, bangunan stasiun dan fasilitas operasi termasuk review desain dilaksanakan secara bertahap mulai tahun 2015 sampai 2018.

Kemudian untuk perencanaan jalur kereta api dari Maros menuju Makassar dilakukan oleh Direktorat Prasarana Perkeretaapian DJKA tahun 2020.

Pembangunan jalur Kereta Api Makassar-Parepare terbagi menjadi beberapa tahapan segmentasi.

  • Bagikan