20 Dosen Unhas Telah Mengikuti Ujian Kompetensi Auditor Halal

  • Bagikan
IST

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Universitas Hasanuddin kerja sama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Halal Indonesia menyelenggarakan ujian kompetensi bagi calon auditor pemeriksa halal di lingkungan Unhas.

Kegiatan berlangsung pada Jumat (15/7) lalu, secara luring dengan penerapan protokol Covid-19 di Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M), Kampus Unhas Tamalanrea, Makassar.

Ketua Panitia, Dr. Nahariah, mengatakan bahwa Unhas sangat mendukung kegiatan pelatihan dan uji kompetensi auditor halal tersebut. Secara umum, kegiatan ini bertujuan menambah ruang lingkup Pusat Pemeriksa Halal Unhas. Selain itu, pelatihan dan ujian kompetensi dimaksudkan dapat meningkatkan kapasitas, pengetahuan, sikap dan keterampilan dosen terutama dalam hal audit halal dilapangan.

"Penambahan jumlah auditor halal yang kompeten diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terutama dunia usaha untuk memilih Pusat Pemeriksa Halal Unhas sebagai lembaga pemeriksa halal mereka. Tidak hanya itu, juga berdampak pada pengembangan kapasitas dosen sesuai bidang ilmu dan mendukung keterlibatan mereka dalam pengabdian kepada masyarakat," jelas Nahariah.

Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) Unhas telah memperoleh izin beroperasi dengan ruang lingkup pemeriksaan makanan dan minuman. Untuk itu, LPH Unhas berupaya mengembangkan ruang lingkup pemeriksaan salah satunya dengan penambahan jumlah auditor halal.

Setidaknya, ada 20 orang dosen Unhas dari berbagai bidang keahlian mengikuti ujian kompetensi tersebut.

  • Bagikan