Sapi Berkeliaran di Jalan Raya, Tokoh Masyarakat: Ada Oknum ASN Pemilik Ternak

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, SINJAI -- Ternak sapi yang berkeliaran di jalan raya dalam beberapa hari terakhir meresahkan sejumlah pihak. Diketahui, salah satu pemilik sapi merupakan oknum Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Sinjai.

Informasi ini diketahui berdasarkan laporan dari salah satu tokoh masyarakat, Muh. Sabri Hidayat. Pria yang akrab disapa om Doel ini meminta ketegasan Pemerintah untuk menertibkan sapi yang berkeliaran di jalan raya.

Dia kerap mendapat sapi bergerombolan di Kelurahan Lappa, khususnya di Jalan Amanagappa dan Halim Perdana Kusuma. Termasuk di Jalan Petta Ponggawae dan Sungai Tangka, Kelurahan Balangnipa.

Iroinya, salah satu pemilik sapi merupakan oknum ASN aktif di Pemkab Sinjai. Namun dia enggan menyebutkan siapa oknum ASN tersebut. "Kemana lagi kami harus mengadu, makanya kami berharap Pemda dalam hal ini Satpol PP melakukan penertiban," beber Mantan Kapolsek Sinjai Selatan ini, Sabtu, (23/7/2022).

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja, Agung Budi Prayogo meminta masyarakat untuk melaporkan jika menemukan sapi yang berkeliaran. Sebab, pihaknya melakukan operasi namun tidak ada yang ditemukan.

"Kalau ada sapi segera laporkan ke kami supaya kami langsung turun melakukan tindakan, bisa melalui nomor 081241370320 dan 085398328599," ungkapnya. Selain itu, sapi yang berkeliaran tidak memiliki tali. Sehingga jajarannya mengalami kesulitan melakukan penangkapan karena membahayakan keselamatan petugas.

Dia pun meminta pemilik ternak untuk sadar tidak melepas ternaknya. Atau menyiapkan kandang jika ingin beternak sapi supaya tidak berkeliaran di dalam kota. Pemilik sapi harus juga memperhatikan kenyamanan warga sekitar.

  • Bagikan