FKep Unhas Gelar Edukasi Patient Safety di Lima Rumah Sakit

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Fakultas Keperawatan (FKep) Universitas Hasanuddin menyelenggarakan edukasi keselamatan untuk pasien dan keluarga pada instalasi poliklinik di lima rumah sakit pemerintah provinsi Sulawesi Selatan.

Tim Pengabdian FKep yang diketuai oleh Rini Rachmawaty, dengan melaksanakan kegiatan tersebut di RSUD Sayang Rakyat.

Rini–sapaannya, menjelaskan terdapat beberapa sasaran keselamatan pasien yang dijelaskan dan disimulasikan kepada pasien dan keluarga di antaranya informasi tentang gelang identitas pasien, keterlibatan pasien dalam perencanaan asuhan perawatan, kewaspadaan petugas kesehatan dalam pemberian obat ke pasien, dan lain sebagainya.

"Sebanyak 21 pasien dan keluarganya berpartisipasi dalam kegiatan ini. Kami berharap kegiatan ini dapat memberikan informasi dan pengetahuan kepada pasien dan keluarganya di poliklinik tentang pentingnya mengetahui dan memahami keselamatan pasien," jelas Rini.

Lebih lanjut, Rini menambahkan dengan edukasi yang diberikan dapat mencegah dan mengurangi risiko, kesalahan dan kerugian yang terjadi pada pasien selama pemberian pelayanan kesehatan.

Pasien dan keluarga diharapkan dapat mengidentivikasi sumber risiko dan potensi bahaya serta membantu merancang sistem yang lebih aman.

Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan pemberian pretest dan posttest kepada pasien dan keluarga yang berpartisipasi guna mengukur dan membandingkan sejauh mana pemahaman peserta sebelum dan setelah diberikannya edukasi terkait Patient Safety.

Rencananya, kegiatan ini akan dilaksanakan pada empat RSUD lainnya yakni RSUD Haji Makassar, RSUD Labuang Baji, RSKD Ibu dan Anak Siti Fatimah dan RSKD Ibu dan Anak Pertiwi.

  • Bagikan