Selamat, WR III UMSi Raih Gelar Doktor di Unhas

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, SINJAI -- Wakil Rektor III Universitas Muhammadiyah Sinjai (UMSi), Mochamat Nurdin telah menyelesaikan program S3 dan meraih gelar doktor di Universitas Hasanuddin (Unhas). Pelaksanaan ujian promosi berlangsung di Aula Prof.Syukur Abdullah (Lt.3) Fisip Unhas, Selasa (26/7/2022).

Mochamat Nurdin memperoleh gelar doktor usai mempertahankan disertasi berjudul Capacity Building dalam pengembangan sumber daya manusia Pemerintah Kecamatan di Kabupaten Sinjai, terhadap bantahan-bantahan dari pihak promotor, Ko-Promotor, dan penguji.

Dia menyebut, konsep Capacity Building yang dia tawarkan dinilai efektif dalam pengembangan SDM Pemerintah Kecamatan. Alasannya karena dengan menggunakan sistem informasi digital dalam proses rekrutmen dan pelatihan SDM, bisa lebih efektif dan efisien.

Tentu dengan menggunakan sistem informasi, maka Pemerintah Kecamatan bisa mengusulkan aparatur seperti apa yang diharapkan sehingga dapat mendukung penyelenggaraan pemerintahan yang berujung pada terciptanya akuntabilitas.

"Semakin terbuka sistem yang digunakan maka  bisa melibatkan banyak orang sehingga bisa dipertanggungjawabkan secara anggaran dan politik, masyarakat bisa memantau pengembangan SDM, tidak ada lagi yang disembunyikan," jelasnya.

Oleh karena itu, dia berharap, rekomendasi yang ditawarkan dalam disertasi ini dapat diterapkan dalam pengembangan SDM Aparatur Sipil Negara (ASN). Khususnya di lingkup Pemkab Sinjai. Dengan menerbitkan payung hukum berupa Peraturan Daerah atau Peraturan Bupati agar bisa diadopsi untuk perbaikan SDM ke depan.

  • Bagikan