Launching Internet untuk 13 Desa di Maros

  • Bagikan
IST

FAJAR.CO.ID, MAROS -- Sekitar 13 Desa di Kabupaten Maros resmi memiliki internet Desa. Ini ditandai dengan Launching Internet Desa yang dilakukan langsung Wakil Menteri Desa, Pembangunan, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Indonesia, Budi Arie Setiadi dalam acara syukuran Hari Jadi ke-63 Kabupaten Maros, di Gedung Serbaguna Kabupaten Maros, Rabu, 27 Juli 2022.

Wakil Menteri Desa, Pembangunan, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Indonesia, Budi Arie Setiadi mengatakan, sebagai langkah awal dalam digitalisasi desa adalah dengan pembuatan website di setiap desa.

"Website di setiap desa dapat dijadikan sebagai sarana untuk mempublikasikan kegiatan-kegiatan pembangunan desa," ungkapnya

Menurut Budi, di era digital ini, hampir semua desa sudah terjangkau oleh jaringan internet.

"Memang belum semuanya, untuk itu remaja dan pemuda di desa perlu digerakkan untuk terlibat langsung dalam pembangunan desa dengan fasilitas digital," sebutnya.

Diabjuga meminta agar internet desa ini dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk mengelola potensi yang dimiliki desa.

"Agar semua desa bisa mandiri dalam mengelola semua potensi yang dimiliki, seperti pertanian dan pariwisata," katanya.

Ia juga mengatakan perekonomian tidak lagi terletak di kota.

"Pusat aktivitas produksi ada di desa-desa. Maka perlu disiapkan adalah mendorong inovasi dan digitalisasi masuk desa," sebutnya.

Menyoal itu terkait BUMDes, Budi menyebut harus digunakan untuk mendorong perekonomian di desa.

"BUMDes itu berhasil bila dia mampu berguna buat masyarakat desa. Jika BUMDesnya maju, warganta juga harus maju," katanya.

  • Bagikan