Ritel Modern Jajaki Produk UMKM Bulukumba

  • Bagikan
Sejumlah produk UMKM dipamerkan dalam kegiatan kurasi yang dilaksanakan Alfa Mart bersama Dinas Perdagangan,Perindustrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (DP2KUKM) Bulukumba. (AKBAR WAHYUDI/FAJAR)

FAJAR.CO.ID, BULUKUMBA -- Peluang Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Bulukumba untuk berkembang kini semakin terbuka. Melalui Dinas Perdagangan, Perindustrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (DP2KUKM) Bulukumba kini produk mereka mulai dilirik oleh ritle modern untuk dipasarkan.

Sebanyak 50 UMKM Bulukumba membawa produknya masing- masing dalam kegiatan kurasi produk Alfa mart, Rabu, 27 Juli 2022.

Beberapa produk UMKM seperti kopi, Kue bolu, Abon, hingga cuka meramaikan kegiatan tersebut.

Salah satu UMKM Bulukumba, Nasrullah mengaku punya harapan besar lewat kurasi produk Alfa Mart ini. Agar nantinya produk UMKM Bulukumba bisa dikenal luas oleh masyarakat.

Nasrullah dalam kurasi Alfamart ini, membawa cuka aren, olahan hasil bumi Desa Sopa, Kecamatan Kindang.

"Semoga saja cuka yang kami buat ini bisa dipasarkan lewat ritle modern," katanya.

Corporate Communication, Alfa Mart Latifa Ulfa, megatakan kegiatan kurasi yang dilakukan pihaknya adalah upaya mendorong peningkatan UMKM.

Hanya saja, kata Ulfa, tidak semua produk bisa diloloskan untuk dipajang di ritle Alfmart.

Itu dikarenakan, beberapa produk harus dilengkapi, seperti label halal, cara kemas yang bagus, harus menampilkan komposisi produk dan sebagainya.

"Di kemasan harus ada informasi yang dibutuhkan konsumen," kata Ulfa.

Beberapa produk UMKM Bulukumba, katanya sudah bagus. Namun kembali lagi apakah bisa bersaing atau tidak dengan produk-produk yang telah ada.

" Saya belum bisa menyampikan berapa banyak UMKM yang lolos, beberap produk akan kami bawa dulu ke kantor. Termasuk menunggu rekomendasi Dinas Perdagangan juga, mana produk yang bagus atau tidak," katanya.

  • Bagikan