KKNT Gelombang 108 Perhutanan Sosial Bone Posko 4 Siapkan 1.000 Bibit Produktif untuk Desa Rappa

  • Bagikan
Mahasiswa KKN Tematik Gelombang 108 Unhas Perhutanan Sosial Bone

FAJAR.CO.ID, BONE -- Posko 4 KKN Tematik Gelombang 108 Unhas Perhutanan Sosial Bone, Desa Rappa, Kecamatan Tonra memiliki salah satu program kerja unggulan yaitu pengadaan 1.000 bibit tanaman produktif yakni alpukat, durian, pala, kopi dan rambutan.

Program ini disusun berdasarkan hasil observasi kelompok yang diketuai Faradiba Tsani Arif dengan anggota Faais Mufaasir Ramadhan, Fitrah Nur Akbar, Gilang Aprian, Dewi Purnamasakty, Fatmawati, Fathatun Naimah, Samsinar, Farikha Aulia, Gregorius Wahyu Gusti Tanditasik dengan dosen pebimbing KKN bapak Dr Syaiful ST MT.

Program ini dilaksanakan dengan beberapa tahap yakni observasi ke lahan Kelompok Tani Batu Ejae pada 3 Juli 2022, dengan penentuan titik koordinat lahan serta status kepemilikan lahan dan berbagai data lahan lainnya.

Kegiatan observasi ini berlangsung selama 4 hari dengan total lahan yang di observasi yakni sebanyak 10 Ha dengan 10 titik koordinat.

Kemudian dilakukan sosialisasi pada tanggal 14 Juli 2022 dengan mengumpulkan seluruh ketua kelompok tani Desa Rappa pada acara diskusi publik yang bertujuan untuk mensosialisasikan mengenai bibit produktif yang akan dilaksanakan.

Pada diskusi ini pula tanggapan masyarakat terkait adanya pengadaan ini cukup beragam salah satunya tanggapan dari bapak Bukhari (sekretaris Desa Rappa) beliau sangat setuju dan antusias mengenai pengadaan ini beliau bahkan menyiapkan 1 Ha tanahnya untuk di tanami bibit durian, alpukat serta rambutan kemudian bapak Sukri yakni salah satu Kelompok Tani Hutan Batu Ejae yang langsung meminta beberapa bibit seperti alpukat, kopi dan pala.

  • Bagikan