Pembangunan Sirkuit dan GOR Untia Terancam Gagal, Danny Pomanto: Tim Lagi Konsultasi dengan Kemendagri

  • Bagikan
Danny Pomanto

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Pembangunan Sirkuit dan GOR atau Macca (Makassar Corp City Arena (Macca) Untia Kecamatan Biringkanaya terancam gagal.

Wali Kota Makassar Danny Pomanto mengatakan, dua proyek ini rencananya akan dikerjakan secara multiyears (tahun jamak).

Pihaknya saat ini kata dia sementara konsultasi dengan Kementerian Dalam Negeri terkait pembangunan dua proyek strategis itu.

Selain itu, Pemkot juga telah berkonsultasi dengan DPRD Makassar dengan beberapa catatan.

“Tim lagi di Jakarta konsultasi dengan Kemendagri. Tadi malam saya konsultasi dengan DPRD tentang tahun jamak. Teman-teman mendukung, yang penting dibelanjakan dulu uangnya,” ucap Danny-sapaannya, ketika ditemui, Jumat, (5/8).

Hanya saja yang menjadi kendala adalah di bagian perencanaan.

“Masalahnya dia bikin itu, tidak ada perencanaannya. Tidak ada AMDAL-nya, gimana orang mau bikin,” tambahnya.

Olehnya itu, orang nomor satu Makassar ini mengaku akan mencoba dengan Center of Technology (COT).

Masalah yang lain, anggaran yang tersedia tidak cukup untuk pengerjaan tahun jamak. Sementara aturannya sekali penganggaran.

Diketahui, salam pasal 92 Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2019, disebut, untuk melaksanakan sub kegiatan yang bersifat tahun jamak (multiyears), harus ditetapkan terlebih dahulu dengan Peraturan Daerah.

Sementara itu, Menteri Keuangan telah menetapkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 93/PMK.02/2020 tentang Perubahan atas PMK Nomor 60/PMK.02/2018 tentang Persetujuan Kontrak Tahun Jamak oleh Menteri Keuangan disebut, kontrak/kegiatan yang dapat dilakukan perubahan dari kontrak tahun tunggal menjadi kontrak tahun jamak adalah kontrak yang sudah ditandatangani tetapi belum dilaksanakan, kontrak yang sudah dilaksanakan (sudah ada pembayaran) tetapi belum diselesaikan dan kegiatan swakelola yang belum dilaksanakan. (selfi/fajar)

  • Bagikan