Utusan Khusus Presiden Obama ke Negara-negara Muslim Raih Gelar Doktor Kehormatan dari Unhas, Ini Profilnya

  • Bagikan
Dr Bruce Michael Alberts

FAJAR.CO.ID -- Dr Bruce Michael Alberts lahir di Chicago, Illinois, Amerika Serikat, pada 14 April 1938. Dr.Alberts adalah ahli biokimia kelas dunia yang telah memberikan sumbangan amat besar di bidang tersebut. Ia berperan sangat penting pula dalam bidang lain seperti pendidikan sains dan diplomasi sains di di Amerika Serikat dan di tingkat dunia.

Walau sudah Profesor Emeritus namun Dr. Alberts tetap berperan sebagai Chancellor’s Leadership Chair in Biochemistry and Biophysics for Science and Education at the University of California, San Francisco. Dr. Alberts memiliki sejumlah posisi/afiliasi penting dengan berbagai universitas dan lembaga ternama di Amerika Serikat dan di negara-negara lain.

Di bidang biokimia, karya Dr. Alberts yang paling berpengaruh adalah buku kanon "Molecular Biology of the Cell" yang sangat luas digunakan sebagai dasar pengajaran dan penelitian. Buku yang ditulis bersama sejumlah sejawatnya itu, pertama kali diterbitkan pada 1983 oleh Garland Science. Sudah 7 edisi dan seluruhnya telah diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa di dunia.

Dr. Alberts pernah menjadi Editor-in-Chief (Editor Utama) jurnal ilmiah bergengsi Science Magazine (2008-2013). Sebagai Editor-in-Chief, Dr Alberts mengangkat pentingnya pendidikan sains dan peran ilmuwan muda secara global (Global Young Academy).

Dr. Alberts dinobatkan sebagai Presiden National Academy of Sciences/NAS (1993 - 2005), sebuah lembaga yang sangat dihormati di Amerika Serikat, beranggotakan ilmuwan-ilmuwan terkemuka AS. NAS berperan memberikan rekomendasi dan informasi sains terkini bagi pemerintah dan masyarakat Amerika Serikat. NAS juga sangat dihormati dan dipercaya oleh kalangan pers AS.  Sebagai Presiden Akademi, Dr. Alberts berperan utama dalam menyusun National Sciences Education Standard di Amerika Serikat dan juga berperan mengangkat science diplomacy (diplomasi sains) dan terbentuknya InterAcademy Council (IAC), sebuah dewan Akademi Ilmu Pengetahuan se-dunia.

  • Bagikan