Kemenpora Ingin Perkuat Game Lokal Demi Hadapi Persaingan e-Sport

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR -- Olahraga e-Sport merupakan olahraga industri siap menghadapi persaingan. Untuk itu Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) siap memperkuat esport Indonesia dan akan terus mengembangkannya.

Hal ini demi menjadi game lokal agar tetap bisa bersaing dari invasi game-game dari luar negeri di masa yang akan datang.

“Dalam konteks e-Sport ini kita pandang bahwa, yang perlu kita kuatkan adalah bagaimana game lokal harus berkembang. Sehingga industrinya bisa bersaing dengan game buatan luar,” ujar Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora Raden Isnanta dalam press conference kick off piala presiden di Ballroom Jakarta Theater, Rabu (10/8/2022).

Perkembangan peminatnya yang saat ini sudah sampai 40 juta gamers. Melihat angka tersebut tentu perkembangan olahraga ini bisa dikatakan cukup pesat.

Karena perkembangan yang sangat pesat ini banyak kompetisi di Multieven yang sudah dipertandingkan seperti Sea Games dan juga Asian Games.

“Karena ini sudah masuk ke ranah olahraga industri, maka kita harus bisa bersaing. Maka kita gerakkan anak muda Indonesia agar ide-ide kreatifnya harus kuat agar mampu bersaing ke depannya,” lanjut Isnanta

Untuk even e-Sport sendiri sudah sering diadakan. Untuk itu hak untuk mengikuti training camp dan kompetisi akan sama dengan cabang olahraga lain.

Menurutnya hal yang menjadi prioritas bagaimana e-Sport bisa menjadi kuat dari sisi prestasi maupun industri.

Untuk saat ini Kemenpora telah menata dengan kompetisi yang terukur. Bahkan setiap daerah juga telah direkomendasikan untuk mengelar even untuk usia muda atau pelajar di tingkat lokal.
(Erfyansyah/fajar)

  • Bagikan