UNM Gelar Kuliah Umum, Hadirkan Komisaris Utama PT Pelni

  • Bagikan
IST

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Universitas Negeri Makassar (UNM) Menggelar Kuliah Umum dengan menghadirkan Komisaris Utama PT. Pelni (Persero) Ali Masykur Musa, di Menara Pinisi UNM, Jumat (12/7/2022).

Kuliah umum dengan tema “Peningkatan Jangkauan Tol Laut Menuju Kemandirian dan Kedaulatan Negara” merupakan rangkaian Dies Natalis UNM yang ke 61.

Rektor UNM Prof. Dr. Ir. H. Husain Syam, M.TP., IPU., ASEAN Eng dalam sambutannya menyampaikan arahan Presiden Jokowi mengenai Perekonomian Nasional harus bangkit melalui Tol laut.

“Sesuai arahan Presiden Jokowidodo bahwa perekonomian nasional harus bangkit kembali melalui Tol laut, meliputi pelabuhan dan sarana transportasi laut lainya,” ungkapnya.

Prof. Husain Syam menjelaskan perlunya mengoptimalkan tol laut dengan meningkatkan dengan jumlah komoditas lokal yang memadai dan daya jual tinggi untuk diperdagangkan keberbagai daerah di indonesia dan di mancanegara.

“Optimalisasi tol laut dapat dilakukan dengan meningkatkan dengan jumlah komoditas lokal yang memadai dan daya jual tinggi untuk diperdagangkan keberbagai daerah di Indonesia dan di manca negara, upaya tersebut bisa di lakukan jika semua pihak dilibatkan,” jelas Guru Besar Bidang Pertanian itu.

Sementara itu, KH Ali Masykur, memaparkan bahwa akan resesi global tidak kurang dari 70 negara akan resesi, namun indonesia akan terhindar dari rasis mana kalah negara memiliki fundamental ekonomi yang kuat.

“Satu hal yang bisa, bahwa negara tidak akan resesi manakala satu fundamental ekonomi yang kuat, yakni mana kala ekspor lebih besar dari pada impor, cadangan devisa kita baik, dan apa bila Gross Domestic Product (GDP) dan Gross National Product (GNP) memang besar dan melebih nilai rata-rata dari perelohan seorang warga negara,” jelasnya.

  • Bagikan