Lanal Mamuju Bentangkan Merah Putih di Teluk Mamuju

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAMUJU - Memperingati Hari Proklamasi ke-77 Republik Indonesia, Lanal Mamuju mengibarkan bendera merah putih raksana di atas permukaan laut Teluk Mamuju. Bendera berukuran 20 x 11 meter itu dieret sejauh dua kilometer.

Sebanyak 77 orang personel dilibatkan dalam pengibaran bendera berukuran 20x11 meter itu. Bendera Merah Putih itu dieret sejauh 2 kilometer dari Pulau Karampuang sampai di Bibir Pantai Arteri Mamuju.

Komandan Lanal (Danlanal) Mamuju, Letkol Marinir Antonius Temmy Irawan mengatakan, pengibaran bendera itu merupakan bentuk perjuangan TNI-AL untuk memeriahkan HUT ke-77 RI. Pengibaran ini juga dimaknai untuk menumbuhkan rasa nasionalisme dan rasa bangga kepada para pejuang.

"Kita ingin menumbuhkan semangat perjuangan, kita tahh dan kita sadar bahwa pahlawan-pahlawan kita itu sudah bekerja dengan keras dan penuh pengorbanan dalam memperjuangkan kemerdekaan," kata Temmy kepada wartawan, Sabtu, 13 Agustus 2022.

Untuk kegiatan pengibaran bendera di atas laut, sbanyak 20 personrl yang terdiri dari prajurit TNI-AL dan penyelam tersertifikasi mengeret bendera itu ke bibir pantai yang sudah dinanti oleh para pejabat Pemprov, Pemkab, dan ribuan masyarakat.

Pj Gubernur Sulawesi Barat, Akmal Malik mengapresiasi pengibaran bendera yang dilakukan Lanal Mamuju ini. Menurutnya, pengibaran Sang Saka Merah Putih di atas laut itu merupakan suatu kebanggaan bagi masyarakat.

"Kita bangga, dan kita sekali lagi berharap acara ini akan kembali menggugah rasa kebangsaan kita, menggugah rasa nasionalisme kita," bebernya. (wir/

  • Bagikan