Teroris KKB Serang Bandara dan dan Bakar Mes Perhubungan, Irjen Mathius D Fakhiri Perintahkan TNI-Polri Bersiaga

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAYAPURA - Jelang peringatan HUT RI ke-77 terjadi serangkaian teror penembakan dan pembakaran di Papua.

Pelaku teror penembakan dan pembakaran tak lain kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua. Teror sengaja dilakukan untuk mengacaukan peringatan HUT RI ke-77 pada 17 Agustus 2022.

Teror berupa serangkaian penembakan dan pembakaran dilakukan KKB Papua di tiga lokasi di Kabupaten Intan Jaya, Papua, Selasa, 16 Agustus 2022 pagi.

Wakapolres Intan Jaya Kompol Langgeng Widodo mengatakan penembakan dari tiga lokasi yaitu dari Mamba, belakang BPD dan belakang polsek.

"Mereka juga membakar mes perhubungan milik Dinas Perhubungan Kabupaten Intan Jaya," katanya dilansir Antara, Selasa, 16 Agustus 2022.

Akibat penyerangan yang dilakukan KKB menyebabkan operasional bandara ditutup sekitar pukul 10.00 WIT, dan tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut.

Terkait rencana pelaksanaan upacara HUT Ke-77 RI, Rabu (17/8), Wakapolres Intan Jaya menyatakan tetap akan dilaksanakan.

Upacara memperingati HUT Ke-77 RI di Sugapa tetap akan dilaksanakan.

"Namun anggota yang bertugas tetap bersiaga," jelasnya.

TNI-Polri Siaga di Daerah Rawan

Sebelumnya Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri meminta anggota TNI-Polri yang bertugas di daerah rawan bersiaga menjelang HUT Ke-77 Republik Indonesia (RI).

Para kapolres juga sudah diminta waspada dan siaga serta meminta masyarakat untuk membatasi aktivitas terutama ke kawasan yang dianggap rawan dan jauh dari jangkauan aparat keamanan.

Irjen Fakhiri menyebut daerah yang dianggap rawan gangguan keamanan, yakni Kabupaten Pegunungan Bintang, Yahukimo, Intan Jaya, Puncak Nduga, dan Puncak Jaya.

  • Bagikan