Seleksi Segera Dibuka, Dewan Minta Penempatan Kepala Sekolah Berdasarkan Zonasi

  • Bagikan
Anggota DPRD Makassar, Hamzah Hamid. (IST)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Pemerintah Kota Makassar segera membuka seleksi kepala sekolah dan kepala puskesmas.

Menanggapi hal itu, Ketua Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) DPRD Makassar, Hamzah Hamid mendorong Pemerintah Kota (Pemkot) untuk melakukan penyegaran terhadap Kepala Sekolah Dasar dan SMP maupun Kepala Puskesmas.

"Kita dukung rotasi. Pasalnya Kepsek dan Kepala Puskesmas kerap menduduki jabatan tersebut berlangsung selama bertahun-tahun tanpa adanya pergantian. Hal ini membuat pendidikan tidak mengalami perubahan di Makassar," jelasnya, Kamis (18/8/2022).

Bahkan Sekretaris Komisi D itu, mendorong Pemkot Makassar untuk penempatan kepala sekolah berdasarkan zonasi, seperti yang diterapkan kepada siswa - siswi. Upaya ini juga dianggap bisa meminimalisir kemacetan.

"Memang kepala sekolah ini banyak yang sudah lama. Jadi perlu penyegaran. Saya berharap penempatan kepala sekolah ini, harus berdasarkan pendekatan-pendekatan sekolah zonasi," kata anggota D DPRD Makassar, dua periode itu..

"Bukan hanya siswa pendekatan zonasi, kepala sekolah juga jangan tinggalnya di Minasaupa (kecamatan Rappocini) tapi jadi kepala sekolah di Kecamatan Tamalanrea. Ini juga langkah-langkah mengurangi kemacetan," sambung legislator yang membidangi kesejahteraan rakyat itu.

Selain itu, Hamzah menekan kepada Pemkot Makassar penyegaran posisi kepala sekolah dan kepala Puskesmas harus mengedepankan kapasitas. Dengan mengacu beberapa kriteria yang menjadi pertimbangan.

"Yah tentu mengacu pada kriteria untuk menjadi pertimbangan. Kalau dia kepala sekolah inkumben bagaimana kinerjanya selama ini," kata Ketua DPD PAN Makassar itu.

  • Bagikan