Beri Motivasi Maba Unhas, Andi Amran Ceritakan Perjuangan Saat Kuliah Hingga Jadi Mentan

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR-- Sebanyak 689 mahasiswa baru Pertanian Unhas mengikuti kuliah umum serta menerima beasiswa dari Ketua IKA Unhas Andi Amran Sulaiman.

Melalui kuliah umum, Mantan Menteri Pertanian itu menyampaikan beratnya beban menjadi mahasiwa. Bahkan ia kadang makan, kadang harus puasa karena tanpa uang, serta kesulitan pembiayaan kuliah.

Namun ditengah kesulitan itu menjadi motivasi agar dapat menyelesaikan studinya sebagai Sarjana Pertanian.

“Ini memotivasi saya untuk bisa berhasil, harus berhasil. Saya harus buktikan bahwa saya bisa berhasil,” ujar Amran Sulaiman.

Salah satu inovasi yang ditemukan saat masih kuliah adalah Tiran atau Tikus Diracun

“Tiran awalnya tidak banyak yang lirik, tapi karena keuletan dan keyakinan bahwa inovasi ini akan dapat membantu petani, lebih efisien, maka Tiran jualah yang menghantar bisa eksis seperti saat ini,” ujar CEO Tiran Group pemilik AAS Building di Jantung Kota Makassar ini.

Cerita Andi Amran ini menyita perhatian mahasiswa baru, bagaimana Tiran menjadi pilihan petani di Indonesia. Mereka antusias mengikuti paparan Andi Amran Sulaiman.

Begitupun Dr Abdul Haris Bahrum yang hadir mendampingi Ketua IKA Unhas, ia melihat kehadiran Ketua IKA Unhas bertepatan dengan Dies Natalis Unhas yang ke-66 dinilai sukses memberikan motivasi kepada mahasiswa.

“Beliau berhasil menujukkan perjalanannya yang tak dianggap menjadi pahlawan pertanian, dari hero to zero. Perubahan yang nyata dan membanggakan itu puncaknya diperoleh setelah 15 tahun perjuangan,” pungkas Haris. (*)

  • Bagikan